e-Demokrasi Pemerintahan Rakyat Revolusioner

e-demokrasi pemerintahan rakyat
poto:qureta.com

e-Demokrasi Pemerintahan Rakyat

Perkembangan Teknologi membuat jarak antara Rakyat dan Pemerintah tanpa sekat. Informasi beredar semakin masif dan beragam. Sudah saatnya pemerintah semakin peka dan tidak menutup mata. Dengan teknologi diharapkan semakin cepat menciptakan pemerintahan yang baik (good government) yang meliputi transparansi, akuntable, efisiensi dan efektifitas. Dalam E-Demokrasi Pemerintahan Rakyat, seorang pemimpin juga diperlukan untuk turut aktif memantau kondisi rakyatnya, dimana seluruh kebijakan dan program kegiatan untuk kemaslahatan masyarakatnya. Terbukti pemimpin yang aktif dan peduli mendapatkan respon yang baik dan disenangi rakyatnya. Kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat harus terus terjalin kuat dan erat.

“E-demokrasi di Indonesia, di antara Kesempatan dan Kendala Pendekatan Fenomenologis.” Seminar Nasional Informatika 2009, Yogyakarta, Indonesia, 2009. Kampus Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, 2009.

Kehadiran tehnologi info dan komunikasi (TIK) dan tehnologi digital yang lain terhitung internet, sudah jadi media baru dan dijadikan instrument penting untuk organisasi swasta (usaha) dan organisasi khalayak, satu diantaranya ialah organisasi pemerintah. Pendayagunaan TIK dan internet dalam organisasi pemerintah dikenali dengan istilah e-government. Penerapan e-government mempunyai tujuan untuk tingkatkan efektivitas, efektivitas, transparan, dan responsibilitas penyelenggaraan pemerintah, hingga terwujud penyelenggaraan pemerintah yang bagus (good governance). Sementara, TIK dan internet sebagai media pada proses demokrasi satu negara dikenali dengan istilah e-demokrasi. Ke-2 istilah itu ialah dua substansi yang lain, tapi sama-sama berkaitan.

Perubahan TIK dan internet tahun-tahun ini yang dituruti oleh kenaikan pemakainya merupakan kesempatan untuk lembaga-lembaga pemerintahan dan parpol untuk lakukan Peralihan mekanisme, baik mekanisme administrasi, servis khalayak atau mekanisme demokrasi. Tetapi, ide implementasi e-demokrasi di Indonesia masih disebutkan sebagai tahapan pengenalan. Hingga, banyak permasalahan yang penting jadi perhatian saat sebelum e-demokrasi diterapkan.

E-demokrasi bukan hanya menerapkan TIK dan internet ke mekanisme demokrasi, tapi banyak aspek nontechnology sebagai kendala dan perlu penuntasan. Kendala pertama ialah berkaitan dengan implikasi e-government yang sudah di kerjakan di Indonesia sejauh ini. Beberapa kendala yang lain terdeteksi salah satunya ialah permasalahan belum ada nomor identitas warganegara yang benar, permasalahan budaya birokrasi dan budaya politik, permasalahan ketimpangan digital, permasalahan keterlibatan, permasalahan tehnologi, dan permasalahan organisasi.

Kesenjangan sosial terus dikikis dan diakhiri, karena berdampak hilangnya kepedulian antara sesama. melalui media sosial masyarakat dan pemerintah bersatu untuk terus bersinergi dan saling mengingatkan. Tak hanya itu, kedepan rakyat sendirilah yang memimpin negaranya. Melayani adalah tugas pemerintah dan rakyat selalu berada dibarisan depan dalam menjalankan segala aturan dan kewajibannya. Dengan kesadaran semakin tinggi antara keduanya semakin mempercepat terciptanya E-Demokrasi Pemerintahan Rakyat.

Baca Juga :

Ridwan Kamil Pemimpin Kharismatik

Pengertian E-Demokrasi

E-Demokrasi adalah peranan TIK dan Internet sebagai media dalam proses demokrasi suatu negara. Penerapan E-Demokrasi di Indoneisa masih dalam tahap pengenalan. E-demokrasi tidak hanya menerapkan TIK dan internet kedalam proses demokrasi, akan tetapi juga perlu mengatasi hal-hal nonteknologi yang masih menjadi persoalan atau hambatan. Contohnya, dalam implementasi e-goverment di Indonesia yang masih memiliki masalah atau hambatan. diantaranya yang sudah teridentifikasi seperti masih adanya warga yang belum memiliki identitas warga yang valid, budaya politik, budaya birokrasi, masalah teknologi, masalah organisasi.

Namun harapan tetap selalu ada, segala hambatan atau masalah dipikirkan dan diselesaikan dengan bersama untuk dicarikan solusinya. Semua itu demi mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. E-demokrasi bertujuan agar masyarakat lebih aktif dalam berpartisipasi dalam dunia politik. Mari mewujudkan E-Demokrasi sebagai tindak lanjut penerapan e-government. Sebagai langkah awal penegakan sistem demokrasi yang maju dan modern. Aspirasi suara dan moral kita sangat dibutuhkan demi mewujudkan impian bersama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *